click and klik

Wednesday, September 25, 2013

FUEL CELL DARI HIDROGEN



“Fuel Cell Dari Hidrogen”

            Sekarang ini cadangan energy seperti energy bahan bakar sudah sangat menipis, dan exploitasi terhadap hal tersebut menyebabkan global warming yang sangat berbahaya bagi kelangsungan bumi ini. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari energy baru untuk engatasi permasalahan tersebut. Salah satu sumber energy lain itu adalah hydrogen.
            Hydrogen disini digunakan sebagai fuel cell. Di dalam fuel cell energy yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan accu atau baterai isi ulang biasa. Jika menggunakan baterai isi ulang biasa yang harus me-recharge baterai secara berkala. Namun, dengan fuel celltidak perlu sering mengisi ulang selama hydrogen masih ada jangka waktu penggunaannya da isi ulang lebih lama. Selain itu baterai dari hydrogen lebih ringan disbanding baterai biasa. Untuk memproduksi hydrogen digunakan gas methane dan biomass.
            Hydrogen secara langsung digunakan sebagai bahan sumber elektrolit karena memiliki efisiensi yang cukup tinggi, kelemahannya hanya sifatnya yang mudah terbakar jika kontak dengan oksigen. Bisa juga diganti dengan methanol ataupun dimetil eter.\
            Prinsip kerja baterai ini adalah transmisi electron dan ion hydrogen secara terpisah. Pada awalnya sulit sekali untuk memisahkan ion hydrogen dengan electron bila akan ditransmisikan. Apabila electron berpindah maka ion hydrogen otomatis akan mengikuti pada electron sehingga daya yang dihasilkan baterai akan menurun. Namun, dengan adanya Proton Exchange Membrane (PEM) yaitu membrane pertukaran proton maka transmisi electron tidak akan diikuti oleh ion hydrogen.
Diagram cara kerja :


Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa hydrogen bereaksi melepas electron dan oksigen dai udara akan menangkap electron tersebut.

Anoda (kutub negatif) :       2H2      4H+    +     4e-
Katoda (kutub positif) :       O2   +   4H+   +   4e-      2H2O

            Dengan menggunakan PEM fuel cell maka hanya electron saja yang akan ditransmisikan sedangkan ion hydrogen tidak akan ikut mengalir bersama electron dan akan memasuki membrane di dalam cell kemudian bereaksi dengan oksigen membentuk uap air. Sungguh proses yang cukup bersih yaitu tidak menghasilkan limbah untuk lingkungan karena hanya menghasilkan uap air. Daya yang dihasilkan oleh baterai ini cukup besar hingga mencapai 250KiloWatt dan sanggup untuk menerangi sebuah rumah sekalipun. Jadi dengan baterai ini bisa dilakukan kegiatan mendengarkan radio transistoratau music selama setahun penuh tanpa mematikan radio tersebut.

           

No comments:

Post a Comment

Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com